Rabu, 08 Juni 2016

Rahasia Mengembangkan Bisnis UKM Paling Efektif


Rahasia Mengembangkan Bisnis UKM


Well sering kali kita beranggapan bahwa usaha kecil menengah (UKM) merupakan usaha yang profitnya tidak seberapa tetapi pekerjaannya harus maksimal di lakukan, bisa dibilang memang begitu adanya. Mengembangkan bisnis UKM bisa dibilang bukanlah hal yang gampang, terlebih lagi bagi sebagian kalangan yang memulainya dari level paling bawah. Walau terkesan sulit dan mustahil namun percayalah masih banyak cara yang bisa anda lakukan demi memajukan bisnis UKM anda tersebut. 

Yang jelas untuk membuat bisnis UKM anda berkembang membutuhkan progress, proses dan waktu yang cukup lama. Tak hanya ke tiga hal di atas yang harus anda alami namun ada beberapa factor penting yang menjadikan bisnis UKM tersebut bisa berjalan dan berkembang seiring dengan usaha yang anda lakukan. Oke berikut ini mari kita bahas beberapa langkah untuk membuat bisnis UKM anda berkembang ke arah yang lebih positif.




Rahasia Mengembangkan Bisnis UKM paling efektif :
  • Perencanaan & Strategi : Perencanaan adalah bagian paling dasar yang harus anda lakukan di awal, anda harus membuat strategy jitu untuk mendongkrak penjualan produk anda. Mulailah memikirkan strageti marketing yang tepat, promosi yang menggoda hingga masalah yang paling dasar adalah soal lokasi dan bidang UKM yang anda pilih
  • Efisiensi Cost & Biaya : Hal ini penting demi menjaga cash flow anda tetap stabil, jangan sembarangan mengumbar biaya yang tinggi untuk urusan operasional. Anda harus memikirkan apa yang anda keluarkan apakah bisa kembali alias minimal balik modal, hal yang paling dasar dari efisiensi adalah soal ongkos operasional yanbg bisa membengkak sewaktu waktu.
  • Analisis Kompetitor : Kompetitor adalah halanagan sekaligus sumber masukan anda saat ini, tanpa kehadiran competitor di jamin bisnis UKM anda akan berjalan di tempat, minim inovasi, serta membosankan. Jangan segan menganalisis apa yang di lakukan competitor, pelajari kelebihan dan kekurangan nya, lalu buat menjadi masukan untuk usaha anda.
  • Survei pasar : hal ini penting agar sebelum anda terjun ke dunia Bisnis UKM yang keras, anda bisa mengukur dengan tepat hal apa saja yang harus anda lakukan, jangan gegabah dengan langsung menentukan inti bisnis yang akan anda jalani, perhatikan dengan teliti hal-hal kecil yang justru bisa menjegal anda di masa datang
Nah ke empat elemen penting di atas bisa dibilang hal yang tidak bisa di pisahkan dalam perkembangan bisnis anda kedepannya, anda membutuhkan suatu master plan yang jelas guna dapat berkembang dan bersaing secara ketat dengan para competitor. Hal lain yang harus anda lakukan adalah berinovasi baik itu terhadap produk yang di jual maupun jasa yang di tawarkan, dengan begitu apa yang anda miliki akan terasa lebih baik dari produk yang di jual oleh competitor.

Oke selanjutnya kita akan bahas beberapa hal penting yang harus di perhatikan sebelum membuka Bisnis UKM rumahan. Oke selamat mencoba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar