Kamis, 14 Juli 2016

5 Ide Bisnis Makanan Unik dan Menarik

Peluang Usaha Kuliner Tanpa Saingan

Saat memikirkan bisnis tak cukup jika anda membuat bisnis yang biasa saja. Kini sudah semakin banyak pengusaha yang semakin kreatif dalam menciptakan usaha ataupun bisnis. Anda juga dituntut untuk bisa jauh lebih kreatif lagi. Salah satu jenis usaha atau ide bisnis yang mungkin untuk anda lakukan adalah bisnis di bidang makanan atau kuliner.  Makanan adalah salah satu kebutuhan manusia setiap harinya. Tidak sedikit orang yang pada akhirnya memilih untuk terjun ke bidang usaha yang satu ini. Namun untuk bertahan bukanlah perkara mudah. Mungkin anda membutuhkan inspirasi demi usaha yang anda jalani. Berikut ini adalah beberapa ide usaha di bidang kuliner/makanan yang unik dan patut anda coba di Indonesia.


1.       Es Krim Mix n Match


Jus yang di campur - campur mungkin sudah biasa. Tapi bagaimana jika es krim yang anda campur – campur? Pasti akan menghasilkan cita rasa yang lain dari biasanya. Anda mungkin bisa membuatnya dengan menggunakan cairan nitrogen anda dapat membuat es krim aneka rasa dalam waktu singkat. Yang anda perlu anda siapkan hanyalah bahan – bahan cair, lalu biarkan konsumen mencampur sendiri bahan yang mereka inginkan untuk dijadikan es krim, pasti akan menjadi lebih unik dan menarik.


2.       Museum Makanan


Mengunjungi museum patung atau museum seni mungkin sudah biasa, namun bagaimana dengan museum makanan? Pasti unik dan menarik. Hal ini memang tidak bisa dikatakan sesuatu yang benar-benar baru. Beberapa pelaku usaha di luar negeri sana juga sudah banyak yang melakukan usaha seperti ini. Simple saja, jika anda gemar makan mie misalnya, anda mungkin bisa mulai menyimpan bungkusnya. Usahakan jaga wangi bumbu yang muncul dari kemasan mie tersebut agar bisa dihirup oleh penggunanya. Sediakan juga mie sesungguhnya agar bisa dicicipi langsung oleh konsumen.


3.       Food – Kit


Usaha makanan matang atau siap saji mungkin sudah banyak tapi bagaimana yang anda jual adalah paketan bahan-bahan yang akan dimasak sekaligus cara membuatnya? Pasti akan jadi jauh lebih menarik karena akan terasa seperti masakan sendiri. Selain itu bisa memudahkan para ibu – ibu saat akan memasak menu tertentu. Coba saja menjual paket membuat rendang, paket burger dan masih banyak lagi.


4.       Jasa Memasak Resep


Yang satu ini juga mungkin masih jarang dilirik orang. Di Indonesia sendiri belum ada jasa memasak resep sesuai keinginan. Cara kerja usaha jenis ini sangat cocok bagi anda yang memang ahli dalam memasak berbagai jenis masakan atau mungkin sudah bergelar chef. Anda bisa langsung bernegosiasi dengan konsumen mengenai menu yang akan dibuat, bahan dan alat apa saja yang dibutuhkan. Anda juga bisa menawarkan jasa pembelian bahan atau penyewaan alat jika mereka mau. Konsumen yang jarang punya waktu pasti akan senang sekali bisa makan enak tanpa harus lelah memasak.


5.       Pembuat Food Dummy


Jika anda suka sekali membuat aneka produk dari bahan tanah liat, mungkin anda bisa mencoba terjun di usaha yang satu ini. Yang perlu anda lakukan hanyalah meniru bentuk makanan yang sudah ada dan sebisa mungkin meniru bentuknya agar tampak menarik. Usaha food dummy ini tentunya banyak sekali dicari dan dibutuhkan oleh restoran – restoran dan tempat makan.



Memang tidak semua jenis usaha dan bisnis diatas berhubungan langsung dengan makanan siap saji, tapi justru itulah keunikannya. Mungkin anda perlu melakukan trial dan error sebelum benar-benar terjun dan menciptakan bisnis diatas yang mungkin masih jarang dan sulit sekali ditemui. Semoga bisa menjadi inspirasi dan ide bagi bisnis anda. 

--RAT-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar